Top Social

Baca Kode Angka Buah Sebelum Membeli

02 March 2015
baca-kode-angka-buah-sebelum-membeli

Saat kamu mau membeli buah, terutama buah impor, apa hal pertama yang kamu perhatikan? Jenis? Tingkat kematangan? Harga? Ada satu hal yang lebih penting yang sering luput dari perhatian tapi, sebenarnya, juga harus kamu perhatikan yaitu kode angka yang tertera pada stiker buah yang akan kamu beli. Nah, kode angka ini disebut Price Look-Up codes

Apa itu Price Look-Up codes?

Price Look-Up codes atau yang dikenal juga sebagai PLU codes, PLU numbers, PLUs, produce codes, atau produce labels adalah nomor identifikasi yang dicetak di stiker berukuran kecil yang ditempel pada fisik buah di supermarket-supermarket atau grocery stores.

PLU codes berguna bagi distributor, dalam hal ini supermarket-supermarket atau grocery stores, untuk membuat kontrol inventori dan check-out lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat. Namun, PLU codes juga berguna bagi konsumen. Dengan melihat PLU codes, konsumen dapat mengetahui bagaimana buah tersebut diperlakukan sehingga konsumen dapat menilai apakah buah tersebut aman dikonsumsi atau tidak.

PLU codes terdiri dari serangkaian angka yang berjumlah empat atau lima digit. Cukup perhatikan jumlah angka dan angka pertama saja karena angka lainnya merupakan angka yang menginformasikan jenis buah.
  • Jika PLU codes terdiri dari empat digit angka dan dimulai dengan angka 3 atau 4 berarti buah tersebut ditanam secara konvensional yaitu menggunakan pupuk berbasis petroleum dan pestisida.
  • Jika PLU codes terdiri dari lima digit angka dan dimulai dengan angka 8 berarti buah tersebut adalah produk genetically modified organisms (GMO) atau produk yang sudah direkayasa secara genetik sehingga tidak alami lagi.
  • Jika PLU codes terdiri dari lima digit dan dimulai dengan angka 9 berarti buah tersebut ditanam secara organik yaitu tanpa menggunakan zat-zat kimia berbahaya dan bukan produk GMO.
Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa buah dengan PLU codes yang terdiri dari 5 digit angka dan dimulai dengan angka 9 adalah yang paling sehat dan paling aman dikonsumsi.

Kalau buah dan sayurnya tidak dilengkapi dengan PLU codes bagaimana?

Nah ini yang tricky karena kita tidak mendapatkan informasi apa-apa tentang buah dan sayur tersebut.

Berikut aku berikan beberapa tips yang biasa aku lakukan untuk menyiasatinya :

Membeli buah di toko atau penjual yang dapat dipercaya. Kalau bisa, beli langsung ke petaninya atau tanam sendiri jadi tidak perlu beli 😁 Alhamdulillah sekarang sudah banyak petani-petani organik bermunculan sehingga penjual-penjual buah organik juga banyak bermunculan. Selain itu, di supermarket-supermarket besar seperti Carrefour, Hypermart, Hero, Food Hall, Ranch Market, atau All Fresh juga bisa kita temui buah organik. Cari saja yang ada tulisan organiknya atau, biasanya, supermarket sudah menyediakan rak khusus.

Membeli buah lokal. Bisa dibilang, buah lokal lebih baik daripada buah impor karena tidak ada penanganan pasca panen. Walau tidak menutup kemungkinan juga buah lokal ditanam atau diberi zat-zat kimia berbahaya.

Hal ini masuk akal. Jika buah berasal dari negara di luar Indonesia kemudian dipasarkan di Indonesia maka buah tersebut akan menempuh jarak yang sangat jauh dan waktu yang sangat lama untuk sampai di Indonesia. Ketika sampai di Indonesia, buah ini tidak langsung dipasarkan ke konsumen karena harus melalui prosedur yang sangat panjang.

Perjalanan panjang dan lama ini harus disiasati agar buah tidak busuk dan tetap segar ketika sampai di tangan konsumen. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan pengawet agar buah tahan lama, menyuntikkan zat pewarna agar warna buah dan sayur tetap cerah, atau melapisi bagian luar buah dengan parafin/lilin agar kulit buah tidak berjamur dan tetap mulus.

Memang, ketika sampai di Indonesia buah impor ini akan melalui proses pengujian, namun proses pengujian hanya dilakukan pada sebagian kecil buah yang dijadikan sampel. Dengan demikian, masih terbuka lebar peluang bagi buah impor lainnya yang mengandung zat-zat kimia berbahaya untuk beredar di pasaran. Lagipula, dengan membeli buah dan sayur lokal, kita ikut mendukung petani lokal.

Melihat fisik buah. Buah yang ditanam secara organik, biasanya, penampilannya baik, warnanya tidak kusam, dan tampak segar namun tidak terlalu sempurna. Buah organik juga lebih cepat busuk. Seringkali kita bisa menemukan ada bekas gigitan ulat atau ulatnya sendiri yang masih menempel pada fisik buah organik. Walau rasanya geli tapi ngga usah panik kalau menemukan ulat di buah. Itu pertanda bahwa buahnya memang aman karena ulat saja mau menempel di situ kan 😋

Selalu cuci buah menggunakan sabun khusus untuk buah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau dikonsumsi. Kalau aku, aku menggunakan sabun Safeguard Fruit & Veggie Wash. Sabun ini, biasanya, aku beli di Food Hall. Ada dua ukuran yaitu ukuran 350 ml dengan harga Rp80ribuan rupiah dan ukuran 750 ml dengan harga Rp100ribuan rupiah (aku lupa berapa harga pastinya).

Safeguard Fruit & Veggie Wash ini adalah sabun yang dibuat dari 100% bahan-bahan alami dan organik. Ketika digunakan, sabun ini terasa lembut di tangan karena kandungan organic aloe vera di dalamnya. Wanginya yang berasal dari citrus essential oils menyegarkan tapi tidak terlalu menyengat.

Selain itu, penggunaan sabun ini juga hemat. Bahkan bisa aku bilang sangat hemat karena hanya dengan satu kali pump sudah cukup untuk membersihkan buah yang aku beli sehari-hari.
baca-kode-angka-buah-sebelum-membeli

Rutin mengonsumsi buah segar sangat baik untuk kesehatan. Namun, kita harus memperhatikan buah yang kita beli dan konsumsi. Tujuannya kan sehat. Jangan malah jadi "menyimpan" penyakit.

Berikut adalah toko-toko yang menjual buah-buah organik yang aku tahu selain supermarket besar tadi ya :

OrganiKlub
Instagram : [at]organiklub
Jl. Tebet Barat Raya No.49C (depan jalur hijau) Tebet, Jakarta Selatan
Phone : 021 829 6167 / 021 829 1082
Hotline : 0817 082 8247
PIN BB : 214497DF
Email : organikklub[at]gmail.com

 Toko Organic
Instagram : [at]toko_organic
Jl. Riau 61 (FO Summit), Bandung
 Whatsapp : 0813 2222 2908 / 0811 228 9906
PIN BB : 23BAB77F

FAM Organic
Instagram : [at]famorganic
Jl. Cilandak No.8 Sarijadi, Bandung
Phone : 022 8202 7272
Email : info[at]famorganic.com

Amankers Green Kitchen Banjarmasin
www.amankersgreenkitchen.com
Instagram : [at]amankersgreenkitchen
PIN BB : 749466F4
Line : amankerstudio

Kalau kamu punya rekomendasi toko yang menjual buah-buah organik lainnya, tolong share di kolom komentar ya 😊
20 comments on "Baca Kode Angka Buah Sebelum Membeli"
  1. Manteb, postingannya Dini Lebih komplit sama toko-tokonya, trims info tambahannya din^^

    ReplyDelete
  2. Sukaaa postingannya dini ♥♥♥ sangat bermanfaat. Ditunggu postingan sehat selanjutnya

    ReplyDelete
  3. Ini post yang amat bermanfaat thank u for sharing ya din, apalagi agak khawatir perihal apel import yang beracun itu :"( dgn post ini jadi lebih tenang deh maacii yaa ^^

    ReplyDelete
  4. Baru tau! Makasih ya Din, infonya! Sungguh bermanfaat!

    ReplyDelete
  5. Wow saia baru tau yang beginian, tenkyu inpohnya mbak, bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  6. Wah baru tau aku kl buah dan sayur berkode juga. Thanks sharingnya mak nambah ilmu baru nih

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget. Makasih yah Mak :)

    ReplyDelete
  8. hmm, baru tau mencuci buah sepenting itu.

    ReplyDelete
  9. Wah bener2 baru tahu banget ini. Makasih udah share ya Mak. Ples ada toko2nya juga lagi! Makasiiiiih banget! :)))

    ReplyDelete
  10. Betul mba..sering saya beli buah dan sayur udah busuk atau berulat di tukang sayur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya itu bisa jadi pertanda positif mbak. Mungkin saja tukang sayur itu menjual buah dan sayur yg tidak dimodifikasi alias aman dikonsumsi. Buktinya ulat aja mau dekat-dekat dengan buah dan sayur itu, hehe ;)

      Delete
  11. Saya selalu cuci buah dan sayur yang mau dimakan atau dimasak. Tapi belum pernah pakai sabun pencuci buah. Sepertinya, bisa dimasukkan list. Makasih infonya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, baiknya untuk mencuci buah dan sayur memang pakai sabun khusus pencuci buah dan sayur karena kan kandungan dalam sabunnya pasti berbeda sesuai peruntukkannya ;)

      Delete
  12. TFS infonya bermanfaat sekali mak....
    apalagi buat penikmat buah dan sayur..
    salam

    ReplyDelete
  13. aku baru tauuu ada gini2an.
    bermanfaat maaaak event aku prefer beli sayur dann buah lokah. Heheehe..
    Baru tau juga mencuci buah penting banget.
    so far aku pake air biasa aja.

    TFS yahh ^^

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post Signature