June 2, 2017

#NgobrolBarengDiniPutri : Korean Skin Care, Yay Or Nay?

ngobrolbarengdiniputri-korean-skin-care

Sebenarnya, saya tidak pernah menyangka akan "ikut arus" Korean Skin Care, apalagi kemudian menuliskannya dalam sebuah artikel. Tapi, memang begitu adanya ;p

Bagaimana ceritanya saya bisa "ikut arus" Korean skin care?

Ceritanya bermula dari pencarian toner...

Beberapa waktu lalu, toner yang biasa saya gunakan habis. Alih-alih membeli toner yang sama, saya berpikir untuk membeli toner yang lain karena saat itu kondisi wajah saya sedang "panen" komedo dan jerawat. Bisa dibilang, kondisi wajah saya pasca melahirkan seperti kembali lagi ke kondisi wajah saya saat saya hamil trimester pertama. Mungkin ada pengaruh dari hormon yang kembali berubah pasca melahirkan ya. Jadi, saya pikir, saya mau beli toner yang multifungsi. Terutama yang bisa mengatasi komedo dan mengendalikan minyak berlebih di wajah saya.

Saya cari rekomendasi di internet dan menemukan rekomendasi dari Female Daily. Salah satu toner yang direkomendasikan oleh Female Daily adalah toner dari brand Korea. Dari penjelasannya, saya pikir, toner ini sesuai dengan apa yang wajah saya butuhkan. Jadi, saya beli toner tersebut dan saya coba gunakan.

Hasilnya?

Saya suka! Tidak hanya karena produknya cocok dengan kulit wajah saya tapi juga ada perubahan yang saya lihat sesuai dengan maunya saya. Nah, mulai dari situlah akhirnya saya mencari lagi produk-produk Korean skin care lainnya yang sekiranya cocok dan bisa mengatasi masalah di kulit wajah saya.

ngobrolbarengdiniputri-korean-skin-care

Saya terkejut juga ketika mengetahui ada banyak produk Korean skin care yang diperuntukkan untuk jenis kulit berminyak dan atau bermasalah dengan komedo dan jerawat. Apalagi kebanyakan dari produk tersebut dibuat dari bahan-bahan yang sudah biasa saya gunakan seperti tea tree, green tea, lemon, lime, honey, aloe, charcoal, dan Jeju volcanic yang memang sudah saya buktikan cocok dan bisa mengatasi masalah di kulit saya.

Baca juga : #NgobrolBarengDiniPutri : Perempuan Harus Pintar Dandan?

Hal itu membuat saya menjadi semakin "terbawa arus" Korean skin care! Hahaha! Saya menjadi semakin bersemangat mencari dan mencoba produk-produk Korean skin care lainnya. Berikut ini adalah produk-produk Korean skin care yang sedang saya coba gunakan :

MY KONJAC SPONGE NATURAL BAMBOO CHARCOAL

Saya baru ingat! Ternyata, jauh sebelum pencarian toner, saya sudah mencoba dan menggunakan Konjac sponge dari My Konjac Sponge ;p

Saya mencoba dan menggunakan Konjac sponge sudah sejak 2-3 tahun lalu. Termasuk telat juga karena, kalau saya tidak salah, Konjac sponge sudah hype sejak 2-3 tahun sebelumnya. Bukannya tidak tahu tapi, saat hype Konjac sponge muncul, saya pikir Konjac sponge sama seperti sponge pembersih wajah lainnya. Tapi, kemudian, saya membaca sebuah artikel yang membahas tentang Konjac sponge yang menyatakan bahwa Konjac sponge ini lebih dari sekedar sponge pembersih wajah.

Selain membersihkan wajah, Konjac sponge juga punya banyak manfaat lain seperti menyeimbangkan pH kulit, bisa mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut sehingga dapat merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, dan membantu mengatasi komedo dan jerawat. Bisa dibilang, sponge ini cocok untuk orang-orang yang tidak mau repot melakukan perawatan kulit wajah karena, dengan menggunakan sponge ini, berbagai manfaat sudah bisa didapat.

Konjac sponge dari My Konjac Sponge dibuat dari bahan alami yaitu dibuat dari serat Konjac (diambil dari akar tanaman Amorphopallus Konjac). Konjac mengandung 97% air dan 3% glucomannan. Konjac juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, folic acid, sodium, potassium, magnesium, iron dan zinc.

Sponge
wajah My Konjac Sponge terdiri dari 3 varian yaitu Natural Volcanic Scoria, French Green Clay, dan Natural Bamboo Charcoal. Saya menggunakan varian Natural Bamboo Charcoal (sesuai dengan jenis dan kebutuhan wajah saya) dua kali sehari sebelum saya mencuci wajah saya.

Sampai sekarang saya masih bertahan menggunakan sponge ini. Pertama, sejak penggunaan pertama, sponge ini memang bisa membuat kulit wajah saya halus. Setiap selesai menggunakan sponge ini rasanya mau pegang wajah saya terus saking halusnya ;p Sponge ini memang punya fungsi scrubbing tapi fungsi scrubbing-nya ini ringan sehingga sponge ini bisa digunakan setiap hari. Kedua, sponge ini memang bisa mengatasi komedo. Kalau sponge ini digunakan saat malam hari sebelum tidur maka keesokan paginya bisa terasa komedo-komedo "rontok". Ketiga, sponge ini memang bisa mengatasi jerawat. Kalau jerawat mau muncul kan terasa ya di wajah. Terlihat juga area wajah akan memerah. Dengan menggunakan sponge ini, jerawat yang mau muncul tadi bisa jadi tidak jadi muncul ke permukaan kulit wajah.

Kamu bisa beli My Konjac Sponge di :
  • Instagram : @drorganik

COSRX BHA BLACKHEAD POWER LIQUID

Ini dia toner yang saya ceritakan di awal artikel. Alasan lain selain karena saya pikir toner ini sesuai dengan apa yang wajah saya butuhkan adalah karena nama produknya, menurut saya, meyakinkan. Ekspektasi saya, seharusnya, fungsi produknya sejalan dengan namanya yang sangat meyakinkan itu.

Setelah saya coba gunakan dua kali sehari (pagi dan malam hari), toner ini memang memenuhi ekspektasi saya. Walau saya baru sebentar menggunakannya (botol pertama belum habis) tapi saya bisa melihat perubahan baik dari penggunaan toner ini. Komedo-komedo saya, terutama di area hidung dan dagu, mulai berkurang.

Kamu bisa beli COSRX BHA Blackhead Power Liquid di :
  • www.hermo.co.id
  • www.papuros-shop.com

THE SAEM NATURAL MASK SHEET

Saya tertarik untuk mencoba The SAEM Natural Mask Sheet karena, saat saya sedang jalan-jalan di Lotte Shopping Avenue dan melewati booth The SAEM, ada banner bertuliskan 'BELI 5 GRATIS 5'. Iya, saat itu sedang ada promo untuk The SAEM Natural Mask Sheet.

Apalagi setelah saya baca, The SAEM mengklaim dirinya sebagai Global Eco-Korean Cosmetics. Saya memang paling ngga bisaan dengan brand-brand yang mengklaim dirinya seperti itu. Pasti langsung mau coba produk-produknya ;p

The SAEM Natural Mask Sheet ini tersedia dalam banyak varian. Dari sekian banyak varian, saya baru mencoba menggunakan varian tea tree, green tea dan honey. Saya menggunakan masker lembaran ini setiap hari sebelum tidur (bergantian dengan masker lembaran dari Innisfree) dan hasilnya memang bisa membuat wajah saya terlihat lebih cerah dan terasa lebih halus dan kenyal saat bangun pagi keesokan harinya.

Kamu bisa beli The SAEM  Natural Mask Sheet di :
  • Lotte Shopping Avenue
  • Guardian

INNISFREE JEJU VOLCANIC 3 IN 1 NOSE PACK

Saya suka sekali dengan masker ini karena, pertama, kemasannya berupa tube sehingga kebersihan produk tetap terjaga. Kedua, masker ini berbentuk pasta yang tidak terlalu kental sehingga mudah diaplikasikan ke wajah dan setelah kering pun sangat mudah dibersihkan bahkan dengan air biasa. Ketiga, warna produknya ungu dong! Tepatnya, dusty purple. Saya kira warna produknya abu-abu atau cokelat karena kan produk ini terbuat dari Jeju volcanic dan warna dominan kemasannya adalah cokelat. Ternyata warna produknya warna favorit saya ^^

Walau namanya "nose pack" tapi masker ini tidak hanya bisa digunakan di hidung tapi juga bisa digunakan di area-area wajah lain yang berkomedo. Saya menggunakannya di area antara ujung alis bagian dalam, hidung, bawah hidung, kedua pipi bagian dalam, dan dagu karena area-area tersebut merupakan area-area dimana komedo sering muncul (terutama hidung dan dagu).

Selain itu, pori-pori wajah saya di area-area tersebut lebih besar sehingga memang harus saya jaga benar kebersihannya supaya pori-pori wajah saya tersamarkan. Sedikit informasi, pori-pori wajah tidak bisa membesar dan mengecil ya karena tidak ada otot di situ. Pori-pori wajah yang besar tidak bisa dikecilkan tapi bisa disamarkan. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihannya.

Sama seperti COSRX BHA Blackhead Power Liquid, walau saya baru sebentar menggunakan Innisfree Jeju Volcanic 3 In 1 Nose Pack tapi saya bisa melihat perubahan baik dari penggunaan masker ini. Setelah selesai menggunakan masker ini, kulit wajah saya terasa lebih bersih dan halus. Komedo-komedo juga mulai berkurang.

Kamu bisa membeli Innisfree Jeju Volcanic 3 In 1 Nose Pack di :
  • Senayan City Mall
  • Central Park Mall
  • www.hermo.co.id

INNISFREE IT'S REAL SQUEEZE MASK

Menurut saya, masker lembaran dari Innisfree ini semuanya serba pas. Ukurannya pas di wajah saya sehingga saya mudah memasangnya, cairannya juga pas (tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit) sehingga tidak menetes-netes saat dikeluarkan dari kemasannya dan tidak "banjir" saat lembaran maskernya dipasang di wajah, dan aromanya juga pas (tidak mengganggu).

Innisfree It's Real Squeeze Mask ini tersedia dalam banyak varian. Dari sekian banyak varian, saya baru mencoba menggunakan varian tea tree, green tea, aloe, lime, dan acai berry. Saya menggunakan masker ini setiap hari sebelum tidur dan hasilnya memang bisa membuat wajah saya terlihat lebih cerah dan terasa lebih halus dan kenyal saat bangun pagi keesokan harinya.

Kamu bisa membeli Innisfree It's Real Squeeze Mask di :
  • Senayan City Mall
  • Central Park Mall
  • www.hermo.co.id

INNISFREE NO-SEBUM MINERAL POWDER

Sejak dibeli, bedak tabur ini jadi favorit saya dan selalu saya gunakan karena formula bedaknya ringan sehingga wajah tidak terasa berat saat menggunakan bedak ini dan benar-benar bisa menahan minyak sehingga bedak ini memang cocok untuk orang-orang seperti saya yang punya jenis kulit berminyak.

Bedak ini mempunyai aroma herbal karena salah satu bahan yang terkandung di dalamnya adalah natural originated mint. Tapi, menurut saya, aroma herbal itu tidak terlalu mengganggu. Aroma herbal itu bisa tercium saat bedak dikeluarkan dari kemasannya dan saat diaplikasikan ke wajah.

Walau penampakannya berwarna putih tapi bedak ini tidak berwarna alias transparan sehingga tidak akan mengubah warna kulit asli kamu atau warna base makeup yang kamu gunakan. Selain itu, bedak ini sudah dilengkapi dengan puff dan ukuran kemasannya kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Kamu bisa membeli Innisfree No-Sebum Mineral Powder di :
  • Senayan City Mall
  • Central Park Mall
  • www.hermo.co.id


ngobrolbarengdiniputri-korean-skin-care
Kenapa Green Tea Fresh Special Kit tidak dimasukkan ke dalam daftar? Karena saya belum mencoba menggunakannya. Lagipula, itu tidak saya beli. Itu gratis dari promonya Innisfree.

Baca juga : Alasan Putri Menyukai Produk-Produk Korean Skin Care

Jadi, Korean Skin Care : Yay Or Nay?

For me, it's a YAY selama produk itu cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah saya ;)

Bagaimana dengan kamu? Korean Skin Care, Yay Or Nay?

18 comments:

  1. Lha aku malah jadi belanja COSRX BHA BLACKHEAD POWER LIQUID. kamu jahat aku jadi jajan T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga apa-apa... Kan demi tampil paripurna di resepsi... hahaha ^^

      Delete
    2. Nay. Karena ga bisa mekapan 😂

      Delete
    3. Loh? Kenapa ngga bisa menggunakan makeup?

      Delete
  2. Penasaran penampakan spongenya, kyk gimana ya? :D
    Btw tadi di Net ada berita skrng di Korea pun sdh banyak kosmetika halal, kalau aku selama halal dan cocok juga akan bilang YAY :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Salah satu hal yg aku perhatikan memang kehalalan produknya karena kan di sana sudah biasa menggunakan bahan-bahan yg ngga halal.

      Spongenya kenyal lembut gimanaaa gitu... Gemas sih... hahaha... Itu aku sertakan akun instagramnya kalau Mbak mau cek :)

      Delete
  3. Jadi mupeng dan puyeng.Gimana enggak kliyeng gak pernah dandan tapi kalo diberi free ya gak nolak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Maunya yg gratisan niiihh *ya siapa juga yg ngga mau* ^^

      Delete
  4. Saya fokus sama hasil fotonya. Bagus euy~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh... Alhamdulillah... Padahal standar aja itu, Mbak :)

      Delete
  5. kalau kosmetik korea paling aku berani cuma di masker2nya ajaaa sih :D salam kenal yaaa obrolannya asyik seru dan bagus blog nya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Terima kasih, Mbak... Salam kenal juga :)

      Delete
  6. Korean cosmetics, YAY! Aku suka bangeeet. Dan ternyata kosmetik korea itu teknologinya sudah melampaui kosmetik barat dari yang aku dengar. Warbiasak! Innisfree no sebum sih jagoankuuu. Sama Juhantak hehehe. Pengen nyoba sponge deh.

    ReplyDelete
  7. Aku yeess, karena kemasanya lucu2 kalau korea haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangeeett! Gemmaaass! Masker aja banyak yg karakter ya, Nay ^^

      Delete
  8. merknya nggak asing semua, banyak yang pakai. Aku kadang pinjem make up temen dan enak sih emang kak :D

    ReplyDelete