November 11, 2016

International SWAM 2016 : Event Estetika dan Anti Aging Terbesar di Indonesia


Ketika baru lulus menjadi seorang dokter, banyak orang menyarankan saya untuk membuka klinik estetika dan anti aging atau mendalami bidang estetika dan anti aging. Alasannya, "pasti laris".

Alasan tersebut bukan sekedar alasan karena memang estetika dan anti aging sudah menjadi kebutuhan semua orang. Tidak hanya perempuan tapi juga laki-laki. Tidak hanya mereka yang berusia muda tapi juga mereka yang berusia matang. Tidak hanya kalangan menengah ke atas tapi juga kalangan menengah ke bawah.

Alasan kebutuhan juga lah yang kemudian membuat klinik-klinik dan layanan estetika dan anti aging bermunculan. Klinik-klinik dan layanan estetika dan anti aging ini dimana pun lokasinya, bagaimana pun tampilannya, berapa pun biayanya, selalu laris.

Termasuk klinik-klinik dan layanan estetika dan anti aging palsu. Iya, sudah bukan rahasia lagi, saking dibutuhkannya dan melihat kecenderungan orang untuk mencari klinik dan layanan yang murah, bermunculan lah klinik-klinik dan layanan estetika dan anti aging palsu. Klinik dan layanan palsu ini sulit dibedakan dari yang asli sehingga masyarakat awam bisa tertipu dan akhirnya menjadi korban. Ini kemudian menjadi salah satu masalah besar di bidang kesehatan yang harus segera diatasi.

Di sisi lain, perkembangan teknologi yang sangat cepat seolah memaksa para dokter, khususnya yang meminati bidang estetika dan anti aging, untuk beradu cepat. Para dokter harus mampu mengimbangi perkembangan teknologi ini sekaligus menyiapkan diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Atas dasar-dasar itu lah maka, sejak tahun 2009, Persatuan Dokter Estetika Indonesia (PERDESTI) menyelenggarakan Seminar and Workshop of Aesthetic Medicine (SWAM).

Awalnya, SWAM adalah kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Estetika Indonesia (PERDESTI) yang ditujukan bagi para dokter umum dan spesialis yang meminati bidang estetika dan anti aging dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para dokter tersebut. Kemudian, mulai tahun lalu, dipikirkan untuk mengembangkan SWAM secara internasional dan mulai tahun ini, bersama dengan PT. Perdesti Global Medicom, event SWAM dibuka untuk masyarakat awam.

Bertajuk '7th International SWAM - Anti Aging Exhibition 2016', event tahun ini bertumpu pada 2 pilar :

Seminar dan Workshop

Seminar dan workshop ini diperuntukkan bagi 2000 dokter umum dan dokter spesialis dalam dan luar negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para dokter dalam bidang estetika dan anti aging.

Sebagai sebuah seminar dan workshop bertaraf internasional dan bersertifikat IDI, SWAM berkomitmen untuk menghadirkan para ahli estetika dan anti aging dari dalam dan luar negeri sehingga bisa dipastikan para dokter yang mengikuti event ini akan mendapatkan ilmu yang berkualitas dan tambahan wawasan yang luas dalam hal estetika dan anti aging. Tidak heran kalau kemudian SWAM mampu memposisikan diri sebagai seminar dan workshop terbesar ketiga di dunia sekaligus menjadi barometer dunia estetika karena selalu mengetengahkan materi-materi ilmiah terkini.


Aesthetic Beauty Expo

Aesthetic Beauty Expo ini diperuntukkan bagi masyarakat awam. Di expo ini akan dipamerkan berbagai klinik dan layanan estetika dan anti aging dari dalam dan luar negeri. Melalui expo ini, masyarakat awam dapat memperoleh informasi yang benar tentang estetika dan anti aging serta dapat memilih klinik dan layanan estetika dan anti aging, baik di dalam negeri maupun luar negeri, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonominya. Tujuannya adalah supaya tidak ada lagi masyarakat awam yang salah mencari klinik dan layanan estetika dan anti aging.

Selain itu, expo bertaraf internasional ini juga ditujukan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah bagi masyarakat dalam negeri dan health tourism destination bagi masyarakat luar negeri yang mencari informasi atau membutuhkan wisata kesehatan, khususnya estetika dan anti aging. Sebuah langkah yang saat ini terlihat paling siap dalam menjawab tantangan MEA.

Untuk bisa mengunjungi expo ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis!

Oya, kamu yang memiliki usaha di bidang estetika dan anti aging juga bisa ikut serta di expo ini loh dengan mengisi booth-booth yang tersedia. Usaha di bidang estetika dan anti aging itu contohnya klinik kecantikan, salon dan spa atau produk-produk kecantikan. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk memperkenalkan usaha kamu dan memperluas jaringan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan penjualan mengingat expo ini akan dikunjungi oleh 10.000 pengunjung.


Untuk semakin menyemarakkan suasana dan memanjakan pengunjungnya, PT. Perdesti Global Medicom juga akan menggelar kompetisi dance (Zumba dan Line Dance) dan kompetisi make up (traditional make up yang mengusung tema Bali's Enchanting Beauty dan fantasy make up) berhadiah puluhan juta rupiah! Kamu yang punya kemampuan dan tertarik untuk mengikuti kompetisi-kompetisi ini, yuk segera daftar!





Belum apa-apa sudah kelihatan serunya kan? Tahan dulu, masih ada satu hal lagi yang akan menambah keseruan event ini.

Saking besarnya, event ini mampu menarik perhatian banyak artis papan atas seperti Farah Quinn, dr.Sonia Wibisono, Sarwendah, Shandy Aulia dan Ussy Pratama untuk hadir dalam event ini.

Seperti yang diketahui bahwa, saat ini, banyak artis yang merambah ke bidang estetika dan anti aging. Beberapa menjadi owner klinik estetika dan anti aging sementara yang lain menjual berbagai produk kecantikan dan anti aging. Nah, dalam event ini, artis-artis papan atas tersebut tidak hanya sekedar hadir tapi juga akan berpartisipasi dalam talkshow yang akan membahas tips-tips kecantikan dan akan membuka booth dalam expo.

Jadi, buat kamu dokter dan masyarakat awam yang memiliki minat dalam bidang estetika dan anti aging maka kamu harus datang ke event ini. Apalagi kamu yang penasaran dengan rahasia cantik para artis atau penasaran dengan lip matte Dissy yang tersohor itu ^^

Catat tanggal dan tempatnya ya. 7th International SWAM - Anti Aging Exhibition 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Desember 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) - Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. 

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, langsung saja ke :

Untuk dokter :

www.swamexpo.com

Twitter : [at]swamexpo
Instagram : [at]swamexpo
Facebook Fan Page : SWAM Expo

Untuk umum :

www.swamexpo.com

Twitter : [at]abexpoid
Instagram : [at]abexpoid
Facebook Fan Page : SWAM Aesthetic Beauty Expo

70 comments:

  1. Replies
    1. Harus dong, Mas. Yg laki-laki juga harus tampil kinclong biar ngga timpang sama yg perempuan :)

      Delete
  2. Dokter yang ingin mendalami ttg anti aging n estetika harus ikutan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, dok Liza. Apalagi narasumbernya ngga cuma para ahli estetika dan anti aging dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri :)

      Delete
  3. aiu juga gemar kosmetik anti aging..., walau kita tau itu sekedar menunda saja...krn seiring waktu akan terua menua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya tetap cantik di usia lanjut ya, Mbak :)

      Delete
  4. wiihh ada fantasy make up competitionnya..pasti unik dan lucu2 hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga penasaran dengan kreasi fantasi para peserta lomba :)

      Delete
  5. Zumba bisa bikin kita awet muda juga kah...?

    *makin semangat nge-zumba.
    Yeeay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zumba bisa melancarkan aliran darah. Kalau aliran darah lancar maka kulit kita akan teroksigenasi dan ternutrisi dengan baik :)

      Delete
  6. Event2nya seru nih, jd mupeng.. tp tangerang y..

    ReplyDelete
  7. Aku mau lip matte nya Dissy aja dok..
    Yuk ahh, berburuuu!!

    Keren ini acaranya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun, Teeehh... Selalu kehabisan dimana-mana, siapa tau di expo ini stocknya banyak ^^

      Delete
  8. Masyarakat luas memang seharusnya mendapatkan informasi yang cukup tentang layanan dan produk kecantikan agar tak salah pilih dan salah langkah.
    Maklum di luar sana masih cukup banyak penjual produk dan jasa yang nakal.
    Event semacam SWAM beserta pamerannya sangat bermanfaat.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Pakde. Kan miris ya kalau niat mau tampil menawan malah jadi penyakit bahkan cacat :(

      Delete
  9. Wah seru sekali ini acaranya, apalagi nggak dipungut biaya hehehe. Sayang jauuhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo, Mbak... Mumpung gratis ini, hehehe :)

      Delete
  10. Klinik estetika akan pameran juga? Wah kerennya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kita jadi bisa lihat klinik-klinik estetika dan anti aging yg benar. Plus, bisa milih juga klinik mana yg sesuai kebutuhan dan budget kita :)

      Delete
  11. Asik banget kalau ada seminar keren gini. Jadi makin ngerti tentang estetika kulit wajah. Ke sana rame-rame, yuuk!

    ReplyDelete
  12. Kalau Dini...masuknya di acara yg buat praktisi dong yah

    ReplyDelete
  13. Moga masyarakat jadi tercerahkan dlm memilih layanan anti aging dan estetika.

    ReplyDelete
  14. Wow, ada produknya maia estianti juga ya, mb dini.jadi makin penasaran sama Swam Expo ini. Pengin main juga :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaahh kalau penasaran, ayo lah kesana :)

      Delete
  15. Ini ajang keren ya Mba.. Dokter ahli kecantikan pada ngumpul di ajang tsb ya..

    ReplyDelete
  16. menarik banget nih, event yang dihadiri 2000 dokter terkait kecantikan.. wow.. dan umum bisa masuk GRATIS! banyak hadiah puluhan juta dari lomba dan banyak booth kecantikan. Masa dilewatin ama wanita? Rugi banget kayaknya.

    ReplyDelete
  17. Pengen bisa hadir dalam event keren ini ,moga ada kesempatan mumpung masih bulan depan ya :)

    ReplyDelete
  18. Wah asik ya tiket masuknya gratis, mana bertabur ilmu dan hiburan pula. Rugi deh kalau dilewatkan.

    ReplyDelete
  19. event ini bikin ngiler deh, saya bakalan dapat ilmu banyak kalau datang kesini,

    ReplyDelete
  20. Asyik, nih ..masyarakat awam juga bisa ikutan acaranya :)

    ReplyDelete
  21. Bukan hanya bagi para dokter yang ikut seminar, atau masyarakat umum peminat kecantikan. Acara ini juga bermanfaat bagi para blogger untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan tentu saja jadi sumber inspirasi untuk menulis artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pak Dian. Blogger-blogger yg datang ke event ini akan mendapat banyak sekali bahan tulisan :)

      Delete
  22. Iya bener, klinik anti aging banyak banget yang ngantri, bahkan di bekasi timur ada banyak sekali klinik2 yang beragam dari mulai harga sampai kualitasnya. Di seminar ini kita bisa tau kan ya, apa-apa saja yang perlu dipahami sebelum memilih klinik yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Juga supaya ngga ketipu sama klinik-klinik palsu :)

      Delete
  23. Pameran ini bisa jadi bahan blogging yang buanyak ya Mbak... nungguin talkshow-nya ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! Karena banyak ilmu bertebaran disana, hehe ^^

      Delete
  24. Wah sekarang beauty aesthetic pun bisa jadi potensi wisata ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak, karena estetika dan anti aging ini sudah jadi perhatian dan kebutuhan masyarakat dunia :)

      Delete
  25. Kemarin sudah ketemu sama dr. Sonia Wibisono, ayu tenan :D

    ReplyDelete
  26. Aesthetic Beauty Exponya bikin ngiler inih, pingin banget datang ke sana deh apalagi ada artis2 ibukota, kali aja bisa poto bareng #ehgimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan lagi kan ya bisa foto-foto sama artis-artis, hahaha :p

      Delete
  27. Anak teman arisanku skrn sdg ambil spesialisasi bedah plastik di Korea. Padahal ternyata disini banyak ahlinya juga ya. Keren mau ngumpul semua di SWAM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, karena ada event SWAM ini jadi ngga perlu jauh-jauh ke luar negeri buat belajar ilmu estetika dan anti aging :)

      Delete
  28. Jadi penasaran sama acara ini. Transport apa ya ke ICE BSD yang gampang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik kereta atau shuttle bus, Mbak :)

      Delete
  29. Ini acara lagi banyak diulas jadi bikin penasaran

    ReplyDelete
  30. Bener banget Mbak Dini, klinik anti aging itu laku keras :)
    Di Yogya saja, tiap akhir pekan, kalau nggak janjian lebih dulu, klinik estetika penuh.
    Semoga bisa datang ke event SWAM Beauty, pengen banget dapat wawasan tentang anti aging estetika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Klinik estetika dan anti aging kalau akhir pekan antriannya ngga nahaaann x)

      Delete
  31. semoga kalo ada kesempatan ke sana, pas jerawat agak menghilang soale malu kalo masih jerawatan ke acara expo untuk perbeautyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jerawatnya masih ada juga ngga apa, Mbak. Siapa tau bisa konsul disana atau menemukan produk yg cocok untuk merawat jerawatnya, hehe ^^

      Delete
  32. Akupun naksir perawatan gitu ke klinik kecantikan. Tp biar ga salah2 harus ke sana dulu yaaak. Biar kinclong macam ussy,hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :p Iya, Mbak. Yg paling penting jangan sampai salah milih klinik atau layanan :)

      Delete
  33. Saya tertarik lah datang ke sini :)

    ReplyDelete
  34. aku coba kasitahu temenku yang suka rias penganten ala bali ah siapa tahu dia minat mau ikut kompetisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya! Mumpung tema kompetisi traditional make up-nya Bali ya, Mbak :)

      Delete
  35. wah bener banget ya.. kadang banyak klinik kecantikan yang abal-abal.. event ini bagus banget loh buat nambah referensi kita sebagai calon costumer.. makasih infonya Dini :)

    ReplyDelete
  36. Dunia estetika dan kecantikan terus berinovasi ya Mba. Angin segar buat konsumen terutama wanita yang ingin selalu terlihat awet muda. Tinggal dipilih deh mana perawatan yang cocok, terutama cocok dikantong. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia yg penting, sesuai dengan kantong ^^ Pas banget, di event ini kan akan dipamerkan berbagai klinik dan layanan estetika dan anti aging, kita jadi bisa lihat dan memilih mana klinik dan layanan yg sesuai dengan kebutuhan dan kantong kita, Mbak ;)

      Delete
  37. Aku ingin banget ikut seminar beginian lah Din..disini nggak ada. Mana aku udah mau kepala 4 ..harus perawatan ya. Enaknya tuh tinggal di tanah air, banyak pilihan sesuai budget kita ya..aku dulu rajin banget, sebulan sekali, kulit wajah udah kinclong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAH!? Mbak Dewi sudah mau kepala 4? Serius? Ngga kelihatan loh, Mbak, hehe ^^

      Delete
  38. ICE ini jauh dari rumah ku, antar kota antar propinsi mesti pake visa dan pastor dan aku bisa keburu tua ihik ihik
    Yo wes beli serum anti anging aja langsung di mall depan rumah hehehe

    ReplyDelete
  39. Pengen banget pakai anti aging nih saya Mbak. Mau jaga kulit wajah pakai skin care atau cream malam. Tapi belum tau mana yang terbaik buat kulit saya.

    ReplyDelete
  40. Aku juga mau pake anti agig mengingat usia udah kepala 3..hihi..tapi masih bingung..maunya sih yg alami tapi apa yaa..haha

    ReplyDelete