October 19, 2016

Cara Praktis Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Kulit

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Sejak saya kenal lipstik bertahun-tahun lalu, saya selalu kesulitan memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit saya. Sebabnya, warna kulit saya berada di pertengahan antara warna putih dan kuning langsat. Dibilang putih tapi ada tone kuningnya. Dibilang kuning langsat juga tidak terlalu. 

Segala macam tips sudah saya coba praktikkan tapi tetap saja sulit. Semakin sulit karena zaman sekarang warna lipstik bertambah banyak seiring dengan munculnya inovasi-inovasi baru dalam memadukan warna. Tidak heran karena beberapa tahun belakangan lipstik menjadi primadonanya produk make-up sehingga para produsen lipstik seakan berlomba 'menciptakan' warna lipstik baru untuk mengatasi persaingan. Lipstik pun menjadi tren yang seakan tidak pernah ada habisnya.

Apalagi saya termasuk orang yang lebih suka membeli barang secara online karena alasan kepraktisan dan alasan waktu. Membeli barang secara online itu tentu ada risikonya karena kita tidak lihat barangnya langsung, terutama lipstik yang sangat berhubungan dengan warna. Warna yang diperlihatkan secara online pasti berbeda dengan warna aslinya karena banyak faktor pembeda dan adanya pengaruh faktor nilai jual. Mau menyesuaikan dengan warna kulit pun bagaimana caranya? Paling hanya dikira-kira sehingga menjadi berisiko lipstik yang dibeli warnanya tidak sesuai. Beberapa kali saya pernah mengalami hal ini.

Pernah saya beli lipstik warna nude pink dan warna merah maroon yang tampilannya cantiiikk sekali secara online dan menurut perkiraan saya akan sesuai dengan warna kulit saya. Tapi begitu lipstiknya sampai dan saya coba ternyata lipstik yang warna nude pink membuat wajah saya terlihat sangat pucat. Sebaliknya, lipstik yang warna merah maroon membuat wajah saya terlihat lebih tua. Setidaknya begitu kata adik dan ibu saya yang melihat. Akhirnya, lipstik-lipstik tersebut menjadi mubazir karena tidak saya pakai.

Jadi, satu-satunya cara supaya saya tidak salah warna ketika membeli lipstik adalah dengan datang ke counter lipstik dan mencoba langsung. Tapi cara ini kan tidak sepraktis kalau belanja online ya. Datang ke counter lipstik kemudian mencoba-coba warna lipstik itu perlu waktu yang tidak sebentar. Belum milih-milihnya. Belum mikir-mikirnya. Iya kalau range warna lipstik yang ditawarkan tidak luas, kalau luas?

Sekian lama saya berkutat dengan kesulitan memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit saya AKHIRNYA (sengaja saya capslock saking leganya, hehe) kesulitan itu teratasi dengan adanya aplikasi Sephora Virtual Artist yang dikeluarkan oleh Sephora.

Apa itu Sephora Virtual Artist?

Sephora Virtual Artist adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mencoba berbagai warna lipstik secara virtual.

Bisa saya bilang, Sephora Virtual Artist ini adalah penyelamat saya dari kesalahan membeli warna lipstik dan saya yakin kamu juga pasti akan terselamatkan ^^ Tidak bermaksud berlebihan tapi memang begitu kenyataannya. Dengan Sephora Virtual Artist, saya bisa memilih warna lipstik tanpa harus repot sehingga saya tidak perlu ragu dan khawatir lagi kalau mau membeli lipstik, terutama membeli secara online

Sephora Virtual Artist ini tidak hanya bisa diakses via PC tapi juga bisa diakses via smartphone. Dari segi langkah-langkah, tidak ada yang berbeda antara penggunaan via PC maupun smartphone. Yang membedakan hanya tampilannya karena pastinya akan menyesuaikan dengan ukuran layar.

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah menggunakan Sephora Virtual Artist via smartphone :

Kunjungi virtual-artist.sephora.co.id dan klik START NOW

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Upload foto

Usahakan foto yang di-upload adalah foto close-up supaya bibir kamu terlihat jelas dan kamu lebih mudah melihat kesesuaian warna lipstik dengan warna kulit dan keseluruhan wajah kamu.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Draw outline bibir

Caranya adalah dengan menggeser dan menaruh bulatan-bulatan yang disediakan sesuai garis bibir kamu. Kalau menurut kamu sudah pas, klik LOOKS GOOD.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Mencoba warna lipstik

Nah ini adalah bagian yang paling seru dan menyenangkan karena di bagian ini lah kamu bisa mulai mencoba berbagai warna lipstik. Sephora Virtual Artist menyediakan 325 warna lipstik dari berbagai brand yang dijual di Sephora untuk kamu coba. Mulai dari warna nude sampai warna bold. Cara memilih warna lipstik untuk dicoba sangat mudah. Kamu hanya perlu menggeser-geser kotak-kotak berwarna di atas tulisan LIPS dan klik warna yang mau kamu coba.

Yang lebih menyenangkan lagi, saat kamu klik warna lipstik pilihan, tidak hanya warna lipstiknya yang akan muncul di foto kamu tapi juga spesifikasi produk lipstiknya dan opsi SHOP. Jadi bisa langsung belanja lipstiknya deh, hehe ^^

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Kalau kamu pikir 325 warna terlalu banyak untuk dicoba atau kalau kamu mau mencari warna dari brand lipstik tertentu, kamu bisa klik FILTER yang terletak di sudut kanan bawah. Fitur FILTER ini berfungsi untuk menyaring pilihan produk berdasarkan warna, category (lipstick atau lipgloss) dan brand.

Misalnya kamu mau mencari lipstik warna merah atau mengandung warna merah dari brand X, klik kotak yang di dalamnya terdapat gambar bibir warna merah, klik BRAND dan pilih brand kemudian klik apply maka pilihan warna-warna lipstik yang muncul hanya yang berwarna merah atau yang mengandung warna merah dari brand tersebut.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Kalau kamu ingin menantang diri untuk mencoba warna lipstik yang tidak biasa kamu pakai, klik SURPRISE ME. Fitur ini secara acak akan mencarikan warna lipstik untuk kamu yang pastinya akan membuat kamu terkejut karena pilihan warnanya tidak terduga! Seperti saya yang mendapatkan warna lipstik ungu muda ini.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit
Bagus juga ternyata, hehe ^^ Menurut kamu gimana?

Kalau kamu menemukan warna-warna lipstik yang mirip atau kamu bingung menentukan warna mana yang lebih cocok di kamu, klik COMPARE yang terletak di sebelah kanan bawah untuk memudahkan kamu menentukan pilihan. Fitur COMPARE ini dapat membandingkan sampai 4 warna lipstik dan tidak hanya membandingkan warna lipstik tapi juga membandingkan spesifikasi produk lipstiknya. Untuk melihat perbandingan spesifikasi produk lipstik, scroll layar ke bawah.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Di fitur COMPARE ini juga tersedia opsi SHARE yang memungkinkan kamu untuk membagi foto kamu yang sudah menggunakan lipstik pilihan ke Facebook, Twitter atau Pinterest. Atau kamu juga bisa download foto kamu tersebut untuk disimpan di smartphone kamu.

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit

Gimana? Mudah dan menyenangkan kan? Saking mudah dan menyenangkannya, saya sampai ketagihan mencoba-coba dan membanding-bandingkan warna lipstik ;p

cara-praktis-memilih-warna-lipstik-sesuai-warna-kulit
(1) Nude (2) Coral (3) Pink (4) Berry

Menurut kamu, dari foto-foto di blogpost ini, warna lipstik apa yang paling sesuai dengan warna kulit saya? Red, Pink, Berry, Coral, atau Nude?

Kamu coba juga yuk dan let me know ya warna lipstik apa yang sesuai dengan warna kulit kamu setelah kamu mencobanya dengan Sephora Virtual Artist ;)


Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog yang diselenggarakan oleh SEPHORA.

48 comments:

  1. Warna lipstiknya kece-kece ya mba Dini
    Tapi aku pede kalau pakai warna nude, mba :)
    Nggak pede pakai warna merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, padahal katanya warna merah itu bisa menambah pede. Dicoba aja mbak Sephora Virtual Artistnya. Siapa tau dari sekian banyak warna merah ada yg sesuai sama mbak Alida ^^

      Delete
  2. Ya Allah ini dia yang aku cari-cari mbak. Aku jg lagi bingung nentuin warna lipstik karena memang aku sangat jarang pake lipstik. Tapi makin kemari aku harus belajar. Masa muka begitu2 aja ga ada seger2nya hahaha.

    Nanti aku main ke sephora virtual ini aahh.

    Kalo soal cocok, selain yg warna ungu itu yg lainnya cocok mbak. Tapi mungkin semuanya cocok klo mba din ga pake jilbab coklat kali, ya. Karena mukanya kinclong bener dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, Alhamdulillah wajahku kinclong ^^

      Noted! Warna jilbab juga harus diperhatikan ya ;)

      Delete
  3. Uwooow bangeeettt. Ikut girang ih. Smaa banget suka kesulitan milih warna lipstik. Kadang liat review biuti bloher, terus beli, terus pas dicoba ternyata di bibirku nggak bagus *sigh*

    Langsung donlot aah. Btw harganya mehong2 amat yak. Aku mau pilih wardah sama purbasari ajalah. Muahahaha.

    Mba Dini cocok semua, kecuali yang merah gonjreng kurang cocok menurutku :)

    ReplyDelete
  4. Uhuk Diniii.. kenapa gue salfok ke alisnya yang cetaaaaar... XD itu alis gimana bikinnya akuh iri hahaha *maapkan melenceng*
    Lucu juga ini aplikasi, jadi bisa nyoba2 apakah cocok diwajah apa ngga, sayangnya kadang tetep beda pas diaplikasikan karena warna bibir, tapi setidaknya jadi bisa tau referensinya kayak apa yess :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alis kayak gitu bikinnya harus pakai penghayatan Mbak biar presisi, hahaha ;p

      Delete
  5. Lha keren amat sih sephora sekarang punya apps ini. Kalau di luar negeri, tren virtual MUA gini emang udah banyak tapi kayaknya ini first time di indonesia deh. jadi mau cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain.. cobain.. hati-hati ketagihan, hahaha ;p

      Delete
  6. Seru ya Din aplikasinya... Akupun habis salah beli lipstik. Sok2an pilih warna gelap supaya kekinian, ternyata kayak mak lampir 😂
    Btw Dini pake yg berry seger juga keliatannya ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan gimana gitu ya rasanya kalau salah beli lipstik :(

      Iya, warna ungunya bagus ya ;)

      Delete
  7. Mainan baru dan racun baruuuu.....kak :D

    ReplyDelete
  8. Wuah, baru tau nih aku ada aplikasi pilih warna lipstik yang sesuai warna kulit. sekarang2 ini lagi cenderung sama yang matte dan warna cerah dan atau pastel. Mamacih infonya dini :)

    ReplyDelete
  9. Wah kerennya aplikasi ini. Mau buru2 cobain ah. Enak ya bisa shop online tanpa harus coba dulu di store.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak biar ngga salah pilih warna ^^

      Delete
  10. Mba dini cocok semua kecuali yg terakhir hihihi...aq juga kadang suka kecele tapi kadang aq mix aja mubadzir euy heheheh..cobain ah..kayaknya seru tapi harganya....tepok dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka mix warna Mbak tapi mix warna kalau ngga pas atau kalau sedang buru-buru juga bisa ngga dapat warnanya, hehe

      Delete
  11. Aaaaak keren bingits aplikasi ini, donlot aahh,hahaha. Aku suka kamu pakai merah. Hihihi. Eh tp yg lipen pink yg no 38 juga kamu cakep,ahey.

    ReplyDelete
  12. Wiihh trnyata ada aplikasi beginian ya..asik bgt..meluncur ahh

    ReplyDelete
  13. Langsung ke TKP. Asik...bakal belanja lagi nih >,<

    ReplyDelete
  14. Waah, ada aplikasi sephora yang keren bangeeet. Jadi pengen nyoba. Dengan sephora, kita gak perlu khawatir, warna lipstik yang kita beli gak cocok dengan warna kulit kita ya,Mbak ��

    ReplyDelete
  15. Alamaaaak, kalo gini enak ya bisa nyobaik secara virtual, hahaha. Asik banget ini, beneran bakal ketagihan. Kalo menurutku, nomer 1 sama 3 cocok banget untuk wajah bu dokter :)

    ReplyDelete
  16. kereen ih aplikasinya ya.. bener juga ya, jadi bisa punya gambaran itu warna lippen klo dibibir kita cocok apa nggak.. nice info dini :)

    ReplyDelete
  17. Aaah ini mah dininya yang kece. Pake merah cakep din soale dirimu putih.. Kalo nude malah kurang bagus.. :D
    yang gonjreng cakep tinggal di matchingin ama warna jilbab hihi..

    menggoda iman ni aplikasi. donlot aaah.. hihi.. kayak maen game bocah yaaak, bedanya pake muka kita sendiri hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam merah putih, merdeka! Hahaha!

      Iya ya warna jilbab harus matching juga :)

      Delete
  18. aku sukaa aplikasi sephora iniii XD
    bisa milih warna lipstik yang cucok sama kulit hihi

    ReplyDelete
  19. Aah, aku hrs coba nih apps nya, secara smpe skrg msh penasaran sama warna lipen apa yg cocok. Haha

    ReplyDelete
  20. Kereen ada aplikasi gini.. Nanti coba ah 😁 makasih mba tulisannya nice post.

    ReplyDelete
  21. Langsung download ah! Karena saya paling gak pede kalau disuruh pakai lipstik, apalagi salah warna. Duh, muka gelap jadi semakin gelap. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna lipstik memang pengaruh banget ke wajah Mbak. Kalau ngga sesuai warnanya malah bisa bikin wajah terlihat lebih pucat atau lebih gelap seperti kata Mbak :)

      Delete
  22. Ini dia nih cara belanja lipstik yg paling asyik😀 kadang kalo belanja di counter kosmetik itu kalau kita kelamaan dan kebanyakan mencoba kalo saya sih suka gak enakan sm mbaknya xixi.... kl pake aplikasi ini kan bebas sesuka hati ya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, kalau kelamaan di counter itu rasanya gimanaaa gitu ^^

      Delete
  23. Wah aplikasi shepora bisa jadi referensi buat milih warna lipstik. Saya juga lagi suka warna nude.

    ReplyDelete
  24. Huaaaa..lihat lipstik mupeng pengen ke toko deh..disini boleh nyobain ..testernya banyak, tapi kadang ya itu, suka lupa waktu, :D betaah ...ha ha ha...Salam kenal mbak Dini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak. Makasii sudah mampir blog aku :)

      Delete
  25. Asyik juga ya ada aplikasi ini, jadi bisa coba2 warna lipstik. Kalau beli di toko kan kebanyakan nyoba ntar dilihatin spg nya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SPG-nya suka nungguin, jadi gimanaaa gitu rasanya kalau ditungguin x)

      Delete
  26. Baru tau aplikasi ini. Asyik banget ya mbak. Saya belinya selalu warna pink yang kaleem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sekarang jadi bisa nyobain warna lain kan Mbak ^^

      Delete
  27. Jadi ce ribet yaaa, lipstik aja ampe beberapa warna hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cewek ribet ngewarnain bibir, kamu ribet ngewarnain blog ya Kak, hahaha ;p

      Delete
  28. Kayaknya warna lipstik yang no 3 cocok itu. Nggak terlalu pucat dan tidak terlalu mencolok. Wah, boleh dicoba nih aplikasinya. Thanks mbak share nya.

    ReplyDelete