6 Tips Travelling Murah Ke Singapore

26 October 2016
6-tips-travelling-murah-ke-singapore

[Artikel ini disponsori oleh Traveloka]

Apa yang terpikir pertama kali ketika kamu mendengar kalimat 'travelling ke Singapore' ?

Kalau saya, jujur, yang terpikir pertama kali adalah mahal! Entah kenapa, hahaha ;p Mungkin karena Singapore terkenal dengan biaya hidupnya yang mahal ya ^^ Tapi, setelah beberapa kali saya travelling ke Singapore, ternyata biaya yang diperlukan tidak semahal yang saya pikirkan. Malah sangat memungkinkan travelling ke Singapore dengan biaya murah asal tahu caranya. Nah, berdasarkan pengalaman saya tersebut, di artikel ini saya mau sharing 6 tips travelling murah ke Singapore. Semoga bermanfaat ya ;)

1. Membuat rencana perjalanan

Membuat rencana perjalanan bisa dimulai dengan memilih hari, tanggal, dan bulan yang tepat. Kemudian tentukan kemana saja tujuan wisata kamu. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi detail mengenai tujuan wisata yang menjadi minat terbesar kamu. Dengan membuat rencana perjalanan, kamu akan lebih mudah untuk menentukan dimana harus menginap, memilih transportasi dan kisaran biaya yang akan dikeluarkan. 

2. Beli tiket pesawat promo

Harga tiket pesawat sangat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti hari, tanggal, bulan, dan lain sebagainya. Misalnya, di akhir pekan harga tiket cenderung lebih mahal. Di tanggal 20-an seperti sekarang atau di bulan-bulan saat musim penghujan tiba harga tiket bisa jadi lebih murah dengan adanya banyak promo dan diskon karena pemesanan tiket dan hotel biasanya jauh lebih sedikit (low season). Kalau kamu mau mendapatkan tiket pesawat ke Singapore dengan harga murah, coba cari tiket promo seperti tiket promo Singapore Airlines yang ada di Traveloka

3. Beli tiket wisata di agen travel

Rasanya tidak afdol ya kalau travelling ke Singapore tanpa berkunjung ke tempat wisata karena Singapore memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti Merlion Park, Gardens by The Bay, Helix Bridge, Art Science Museum, Jurong Bird Park, Orchard Road, dan Universal Studios Singapore yang sangat terkenal itu. 

6-tips-travelling-murah-ke-singapore
Gardens by The Bay

Beberapa tempat wisata memang tidak memerlukan tiket masuk tapi khusus tempat wisata yang memerlukan tiket masuk, agar bisa dapat tiket dengan harga lebih murah disarankan untuk membeli tiket masuk di agen travel yang ada di Singapore karena perbandingan harganya lumayan jauh. Contohnya, kalau kamu mau berkunjung ke Gardens by The Bay, Adventure Cove Waterpark, dan Boat Quay, harga normal tiketnya sekitar SGD 87. Sedangkan kalau kamu membeli tiket masuknya di agen travel, harganya bisa berkisar antara SGD 54-60. Lumayan selisihnya bisa dipakai untuk hal lainnya. Belanja di Bugis Street misalnya, hehe ;p 

4. Pandai memilih transportasi dan harus mau jalan kaki

Kalau sudah tahu tempat-tempat mana saja yang mau kamu tuju di Singapore, selanjutnya adalah memilih transportasi. Bagi kamu yang terbiasa naik mobil atau naik taksi saat bepergian, bukannya tidak mungkin untuk menggunakan mobil atau taksi di Singapore tapi biaya yang harus dikeluarkan sudah pasti lebih mahal. Sayang uangnya. Apalagi kalau tempat-tempat yang mau kamu tuju jaraknya berdekatan.

Lebih murah kalau kamu menggunakan transportasi umum seperti MRT atau bus. Atau kalau mau lebih murah lagi ya jalan kaki saja sekalian. Iya, jalan kaki. Kalau kamu berada di Singapore, kamu harus mau jalan kaki. Selain murah, jalan kaki baik untuk kesehatan dan yang seperti kita tahu, jalan kaki adalah salah satu budaya masyarakat Singapore.

6-tips-travelling-murah-ke-singapore

Saya pribadi, setiap ke Singapore, lebih memilih menggunakan MRT atau jalan kaki. Entah kenapa, terasa lebih modern ;p Nah, kalau kamu mau menggunakan MRT untuk menuju ke berbagai tempat wisata seperti saya, saya sarankan untuk membeli tiket berlangganan seperti EZ-Link saja karena akan lebih murah dibandingkan kalau membeli tiket biasa. Selain itu, sebelum kamu naik MRT, jangan lupa untuk mempelajari rute perjalanan. Di stasiun MRT biasanya sudah tersedia peta MRT. Sedangkan kalau kamu memilih jalan kaki, jangan lupa untuk membawa peta Singapore yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dimana saja. Seru loh jalan-jalan dengan melihat peta. Seperti sedang berpetualang ^^ 

5. Hindari roaming

Rasanya kurang lengkap kalau sudah sampai di Singapore dan berkunjung ke berbagai tempat wisata tapi tidak update di media sosial. Ya kaaann?? Apalagi tempat-tempat wisata di Singapore sangat photogenic. Jadi harus selalu online dong. Belum lagi kalau kamu travelling dalam rombongan, keluarga atau teman. Pasti masing-masing orang punya minatnya sendiri-sendiri sehingga memungkinkan untuk saling berpencar. Kalau sudah berpencar pastinya butuh telepon untuk memudahkan bertemu kembali.

6-tips-travelling-murah-ke-singapore

Untuk kamu yang belum tahu, hati-hati ketika mengaktifkan roaming karena biaya untuk telepon dan internet bisa sangat mahal. Agar biaya telepon dan internet bisa lebih murah, sebaiknya kamu membeli kartu perdana di Singapore. Provider yang dianjurkan adalah Singtel karena sinyalnya paling kuat dan bagus. Kartu perdananya dijual dengan harga sekitar SGD 15 kalau kamu membelinya di counter resmi. Kalau kamu membelinya di Changi Airport, harganya bisa lebih mahal. Jangan lupa untuk menyiapkan paspor ketika membeli kartu perdana karena diperlukan untuk registrasi.

Nah, kalau kamu suka yang gratis, manfaatkan saja fasilitas Wifi. Fasilitas Wifi gratis ini tersedia di berbagai tempat di Singapore seperti di Changi Airport, hotel, kafe atau restoran, dan juga mall. 

6. Cari tempat makan yang murah 

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa Singapore terkenal dengan biaya hidupnya yang mahal, termasuk biaya makan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tempat makan di Singapore yang menawarkan harga murah seperti :
  • Foodcourt Vivo City.
  • Foodcourt Lucky Plaza.
  • Bugis Street. Di Bugis Street ini saya pernah menemukan satu kios yang menjual durian dengan harga super murah! Sebagai pencinta durian, saya merasa seperti menemukan surga, hahaha ;p Oya, di Bugis Street ini juga banyak dijual makanan Indonesia loh.
  • 328 Katong Laksa. Untuk kamu pencinta laksa, wajib mampir kesini karena laksa disini diklaim sebagai laksa terenak. Letaknya di East Coast Road. Selain harganya yang murah, porsi laksanya juga pas dan yang paling penting, rasa laksanya orisinil. 
  • Lau Pa Sat Festival Market. Letaknya dekat dengan stasiun MRT Raffles Place. Disini tempatnya luaaass dan kios yang menjual makanan pun banyaaakk! Lau Pa Sat Festival Market ini buka 24 jam jadi cocok buat kamu yang suka lapar di malam hari.
Oya, kamu yang muslim tidak perlu khawatir karena walaupun Singapore bukan negara mayoritas muslim tapi negara ini cukup ramah untuk wisatawan muslim. Sangat mudah menemukan tempat makan bersertifikat halal. Kalau pun tidak ada sertifikat halalnya, jangan segan untuk bertanya ke pemilik tempat makan. Lebih mudah lagi kalau kamu berjilbab seperti saya karena biasanya pemilik tempat makan akan mengingatkan kamu kalau makanan yang dijualnya tidak halal.

6-tips-travelling-murah-ke-singapore
Lau Pa Sat Festival Market
sumber : straitstimes[dot]com

Kamu punya tips travelling murah ke Singapore? Share dong di komen ;)
21 comments on "6 Tips Travelling Murah Ke Singapore"
  1. Samaa mbaa , aku juga lebih suka klo di singapore naik MRT walaupun pernah kesasarr tapi seruu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru yg nyasar itu yg bikin seru ya Mbak, hehe ^^

      Delete
  2. Hai, mba DIni. Aku belum pernah ke SIngapura. Tapi aku sering dibiangin kalo disini surganya traveling hemat. Asal kuat iman aja nggak borong belanjaa. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Singapore main ke tempat-tempat wisata aja Mbak. Kalau belanja, menurut aku, belanjaannya sama aja kayak di Indonesia ^^

      Delete
  3. Wih bener banget mba. Hati2 jebakan roaming.. pernah dulu pas di sana lupa ganti kartu jadinya roaming minta ampun
    . Mba din traktir dong ke singapura lagi.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anakku sudah besar ya Mbak, hahaha ;p

      Delete
  4. Singapore deket...dan selalu ada event seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget! Aku pernah loh bela-belain ke Singapore cuma karena mau nonton pameran Titanic ;p

      Delete
  5. Somehow jalan kaki di Singapore itu enak. Ga terlalu panas dan polusinya juga masih tolerable lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Negaranya memang sangat ramah terhadap pejalan kaki jadi kitanya juga semangat kalau mau jalan kaki ya :)

      Delete
  6. Haii Mbak Dini, bagus banget postingannya. Aku memang belum pernah ke Singapore, tapi baca postingan ini jadi kepengen. Apalagi naik MRT dan harus baca peta dulu, kayaknya seru deh (kalau nyasar pasti bikin cekikikan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pun nyasar ngga usah takut Mbak, negaranya ngga seluas Jakarta, hahaha, jadi pasti balik kesitu lagi. Baca petanya juga ngga susah karena ya itu tadi, negaranya ngga seluas Jakarta ^^

      Delete
  7. Foto-fotonya bagus, mba. Ngambil pakai apa? Oya, saya udah pernah ke Singapur tapi gak sempat keliling. Mainnya cuma di Merlion Park doang. Mungkin next time, bisa lebih lama....

    ReplyDelete
  8. Wah kudu ati2 dengan jebakan roaming ya mbak?
    Aku ma keluarga berencana akan kesana tapi rencananya pengennya saat liburan libur update2 dulu, tp browsing tetep ya supaya gak tersesat dsana hehe thx :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, walau ngga update medsos tapi tetap harus online supaya bisa telepon dan browsing semisal butuh referensi ;)

      Delete
  9. Salam kenal mba, infonya menarik banget, kebetulan saya juga mau ada liburan kesana, jadi bisa persiapan dulu ^_^

    ReplyDelete
  10. Wah, foto-fotonya cantik banget mba. Jadi semacam pengen merencanakan liburan ke Singapore deh :)

    ReplyDelete
  11. Singapore jarak cuma sepelemparan daun dari sini. Jadi tambah mupeng ke Singapore nih,apalagi dapat tips oke punya nih. Terimakasih share infonya. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  12. Mantap tipsnya mbak.
    Makasih buat tipsnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  13. Boleh neh, beli kartu di singapore bawa ke indonesia jadi oleh2 :D

    ReplyDelete
  14. Tfs Mba, saya pengen banget ke Botanical garden dan art science museum nya hehheu

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post Signature