Alhamdulillah Saya Hamil

03 March 2016
alhamdulillah-saya-hamil

"Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisiMu,
sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Doa."
(QS. Ali 'Imran : 38)

Muncul kekhawatiran ketika memasuki usia 1 tahun pernikahan saya belum hamil. Apalagi ketika melihat teman-teman yang menikah setelah saya lebih dulu hamil dan melahirkan. Berdasarkan ilmu yang saya punya, kalau di usia 1 tahun pernikahan belum terjadi kehamilan dalam rumah tangga maka pasangan suami istri sebaiknya memeriksakan kesehatan reproduksinya ke dokter.

Di awal tahun 2015, saya dan suami memeriksakan kesehatan reproduksi kami ke dokter. Saya periksa ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn/kebidanan dan kandungan) dan suami periksa ke dokter spesialis andrologi. Alhamdulillah saya dan suami 'berjodoh' dengan dokter-dokter yang sangat komunikatif, informatif, bersahabat, mampu menciptakan suasana konsultasi yang sangat nyaman sehingga kami tidak segan untuk bertanya dan bercerita serta mampu 'menyentuh' sisi keimanan kami.

Punya anak itu bukan sekedar "punya anak", bukan sekedar next step setelah menikah, bukan sekedar untuk meneruskan keturunan, tapi lebih dari itu. Punya anak adalah tanggung jawab besar untuk bisa menghasilkan manusia yang berkualitas dan tanggung jawab itu bukan dimulai saat anak sudah lahir atau mau sekolah tapi justru sebelum anak dikandung dalam rahim yaitu dimulai dari orang tuanya.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan fisik, dokter-dokter yang memeriksa kami menyatakan kalau saya dan suami sehat untuk bereproduksi. Alhamdulillah. Saya dan suami menjadi lebih yakin dan lebih tenang.

Selain pemeriksaan fisik, saya dan suami juga melakukan konsultasi mengenai semua hal yang berhubungan dengan kehamilan. Melalui konsultasi ini, kami seperti mendapat pencerahan yang membuat kami menjadi lebih fokus dan lebih santai dalam berusaha mendapatkan keturunan.

Berikut ini anjuran dokter saat saya dan suami berkonsultasi :

Menambah porsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung mikronutrien (berbagai vitamin dan mineral). Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit tapi mikronutrien punya peranan penting dalam tubuh, salah satunya adalah sebagai 'bahan baku' pembentukan hormon-hormon reproduksi. Hormon-hormon reproduksi ini yang nantinya 'menjalankan roda' sistem reproduksi, termasuk menghasilkan ovum dan sperma.

Kalau kebutuhan mikronutrien ini tercukupi dengan baik maka hormon-hormon reproduksi akan menjalankan sistem reproduksi sebagaimana harusnya, termasuk menghasilkan ovum dan sperma yang berkualitas.

Konsumsi vitamin prenatal

Untuk lebih meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, dokter meresepkan vitamin prenatal untuk saya dan suami. Vitamin prenatal ini membantu memenuhi kecukupan nutrisi penting yang diperlukan. Penting diingat bahwa vitamin prenatal ini adalah tambahan, bukan yang utama atau pengganti. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai ya. 

Olahraga

Olahraga berguna untuk melancarkan peredaran darah dan untuk mengendalikan berat badan agar tetap berada dalam batas normal sesuai ukuran indeks massa tubuh/body mass index (IMT/BMI).

Semakin lancar peredaran darah maka organ-organ reproduksi akan mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sehingga dapat berfungsi maksimal. Sedangkan berat badan normal akan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan dan dapat mengurangi bahkan mencegah terjadinya risiko-risiko dan atau komplikasi-komplikasi kehamilan.

Dokter menganjurkan untuk melakukan olahraga yang sifatnya terukur dan menghindari olahraga-olahraga yang sifatnya permainan. Alhamdulillah sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi workout di handphone. Aplikasi-aplikasi ini sangat membantu ketika kami berhalangan pergi ke tempat olahraga sehingga kami tetap bisa berolahraga dimana pun dan kapan pun. 

Istirahat cukup dan kendalikan stres

Stres dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang dapat mengganggu sistem reproduksi. Stres juga dapat mempengaruhi hubungan suami istri sehingga keintiman antara suami dan istri sulit terjalin. Oleh karena itu, penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran secara ideal.

Untuk mengistirahatkan fisik, saya dan suami menetapkan jam tidur malam dan disiplin mematuhinya. Walau belum ngantuk sekalipun, kalau sudah jamnya ya berangkat ke tempat tidur, matikan lampu dan matikan gadget.

Untuk mengistirahatkan pikiran, saya dan suami tidak lagi membahas soal pekerjaan di rumah karena kami menyadari pekerjaan kami berdua lah yang banyak menyita pikiran kami. Ibarat kata, pekerjaan hanya sampai di pagar rumah saja ;p

Saya dan suami juga memperbanyak quality time berdua dengan melakukan hobi dan berlibur ke luar kota (kami sempat ke luar negeri juga) ketika mendapat waktu libur. Soal liburan ini ada yang lucu. Saya dan suami itu kalau berlibur senangnya menjelajah, padahal menurut dokter seharusnya kami melakukan liburan yang romantis supaya 'jadi' ^^

Menghindari rokok

Rokok dapat mengganggu fertilitas (kesuburan) wanita maupun pria. Pada wanita, di antaranya adalah rokok dapat membuat ovum menjadi lebih rentan terhadap berbagai kelainan dan dapat membuat rahim menjadi tidak reseptif (tidak mau menerima) ovum yang telah dibuahi sehingga sulit menempel pada dinding rahim. Pada pria, di antaranya adalah rokok dapat mengganggu produksi sperma sehingga jumlah dan kualitas sperma berkurang. Rokok juga dapat menyebabkan motilitas (pergerakan) sperma dan kemampuan sperma membuahi ovum terganggu.

Seumur hidup saya tidak pernah merokok. Alhamdulillah saya dibesarkan dalam keluarga yang tidak merokok. Ayah saya tidak merokok seumur hidupnya. Begitu juga adik saya. Saya pun termasuk orang yang bawel kalau ada orang yang merokok di sekitar saya. Alhamdulillah-nya lagi, saya berjodoh dengan laki-laki yang seumur hidupnya juga tidak merokok dan termasuk tipikal orang yang ketat menjaga diri dari orang-orang yang merokok di sekitarnya.  

Menggunakan produk-produk skin care dan make up bebas bahan kimia

Ketika dokter tahu kalau suami saya bekerja di perusahaan otomotif, dokter menanyakan apakah suami saya bekerja di bagian yang memungkinkannya bersentuhan langsung dengan bahan-bahan kimia dan logam berat. Dokter menjelaskan bahwa banyak bahan-bahan kimia dan logam berat di sekitar kita yang dapat menurunkan kualitas sperma dan ovum bahkan menyebabkan infertilitas (ketidaksuburan bereproduksi). Apalagi di bidang otomotif. Alhamdulillah suami saya bekerja di bagian manajerial sehingga jauh dari bahan-bahan kimia dan logam berat.

Walau begitu, dokter tetap menganjurkan saya dan suami untuk lebih waspada terhadap bahan-bahan kimia dan logam berat di sekitar. Salah satunya, dokter menganjurkan saya untuk menggunakan skin care dan make up yang mengandung less chemical, bahkan lebih bagus yang organik sekalian. Alhamdulillah jauh sebelum saya hamil saya memang sudah selektif memilih produk skin care dan make up. Begitu juga ketika saya menikah, saya selektif memilihkan skin care untuk suami saya. 

Have fun!

Dokter bilang banyak pasangan suami istri yang terlalu menggebu untuk punya anak, seperti 'mengejar deadline', sehingga 'lupa' untuk have fun dengan rumah tangganya. 'Lupa' untuk have fun dengan hubungan mereka sebagai suami istri. Padahal 'have fun' ini adalah salah satu faktor penting yang ikut menentukan keberhasilan kehamilan.           

Berdoa dan never lose hope

Jangan pernah menyerah dan putus berdoa. Allah pasti mendengarkan dan mengabulkan doa hambaNya. Salah satu doa yang selalu saya dan suami panjatkan adalah doa yang saya tuliskan sebagai pembuka blog post ini. Itu adalah doa yang tidak pernah putus dilantunkan nabi Zakaria AS ketika sampai lanjut usia belum juga mendapatkan keturunan sampai akhirnya Allah SWT menganugerahkan Yahya, anak laki-laki shalih yang kemudian juga menjadi seorang nabi, kepadanya.

Hal paling penting adalah jangan melupakan Tuhan. Sekeras apapun kita berusaha, kalau Tuhan belum berkehendak ya tidak akan 'jadi'.

Di bulan Desember 2015 saya telat menstruasi. Saat itu, saya biasa saja menanggapinya karena saya pernah telat menstruasi sampai 10 hari tapi ketika saya melakukan test pack hasilnya negatif. Rupanya tubuh saya stres karena padatnya pekerjaan saya saat itu. Lagipula, jadwal menstruasi maju atau mundur 1, 2, 3 hari sudah biasa bagi saya karena siklus menstruasi saya berkisar antara 28-30 hari.

Tapi rasa penasaran saya muncul juga karena telat menstruasi kali ini rasanya beda. Biasanya kalau mau menstruasi saya selalu merasa tubuh saya bagian pinggang ke bawah sangat pegal. Biasanya juga saya merasa lembab di area vagina dan mulai muncul jerawat. Nah, ini kok ngga..

Terlebih lagi, tidak biasanya nafsu makan saya menjadi sangat meningkat. Baru selesai makan sudah makan lagi. Sepertinya diisi berapa banyak dan berapa sering pun tidak membuat saya kenyang. Akhirnya saya 'iseng' coba test pack.

Ternyata...

HASILNYA POSITIF!

Saat itu, entah kenapa, saya masih belum percaya dengan hasil positif tersebut. Mungkin karena saking kagetnya ya ;p Akhirnya pada tanggal 21 Desember 2015 yang bertepatan dengan ulang tahun pernikahan kedua, melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG), dipastikan bahwa saya memang hamil.

alhamdulillah-saya-hamil

Alhamdulillah saya hamil.

Baca juga : Cara Menghitung Usia Kehamilan

Saat artikel ini di-publish, kandungan saya berusia 16 minggu berjalan. Mohon doanya ya agar kandungan saya selalu disehatkan dan dikuatkan sehingga janin di dalamnya dapat berkembang dengan baik dan sempurna sampai tiba harinya dilahirkan ;)
14 comments on "Alhamdulillah Saya Hamil"
  1. Selamat ya Dinii...sehat sehat terus sama debay nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih Nay ;)

      Delete
  2. salam kenal Dini, selamat ya. selalu excited kalo baca tentang kehamilan. Sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih ya mbak. Salam kenal juga ;)

      Delete
  3. Alhamdulilllaah selamat yaa, mba Dini. Ikut bahagia dan senang. Smoga anaknya sehat dan selamat hingga lahir nanti :). Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih ya mbak ;)

      Delete
  4. salam kenal mbak Dini, selamat ya atas kehamilannya. moga sehat selalu ibu dan bayi :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih ya mbak. Salam kenal juga ;)

      Delete
  5. Alhamdulillah, selamat ya mb. Semoga kehamilannya diberi kemudahan & kelancaran hingga persalinan nanti. Aamiin ya Allah.
    Salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih mbak. Salam kenal juga ;)

      Delete
  6. Alhamdulillah ... selamat ya Mba. Semoga sehat selalu, kehamilannya lancar sampai melahirkan,dan kelak menjadi anak yang hebat.

    Btw, kayake tips untuk rajin makan buah dan sayur, juga olahraga ini, perlu aku terapin sedari single. Makasih tips-nya ya Mba.

    Doakan semoga saya berjodoh dengan partner saya yang sekarang dan kami segera menikah. Aamiin ya rabbal alamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Terima kasih ya mbak. Ayo terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang, hehe ^^ Insya Allah jodohnya dekat dan dimudahkan jalannya ya ;)

      Delete
  7. AAAAA... ya ALlah aku skip banget maafin akuuuu!! congratulations ibu dokter sayang..semoga semua lancaaarrrrr sampai lahiran..alhamduliillaaahh alhamdulillaaahh ikut hepiii .. kiss kiss kiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Hihihi, makasii Sofiiaaa ^^ Maaf ya kemarin-kemarin aku ndak bisa meet up karena harus bed rest. See you soon ;)

      Delete

Auto Post Signature

Auto Post Signature