Watermelon Slushie

19 January 2015
Siapa yang suka slushie seperti saya?

Atau mungkin ada yang belum tau slushie itu apa?


Saya jelaskan secara singkat ya. Slushie, atau yang dikenal juga sebagai slush atau slushy, adalah minuman beku dengan rasa. Rasa minuman ini bisa didapat dari mana saja. Bisa dari minuman bersoda, teh, kopi, sirup, sari buah dan lain sebagainya. Kalau saya pribadi lebih suka slushie yang dibuat dari sari buah. Apalagi alasannya kalau bukan kesehatan, hehe ^^

Baca juga : Ginger Shot

Kalau kamu pernah, sering belanja atau sekedar nongkrong di Seven Eleven, pasti tau Slurpee kan? Nah, Slurpee adalah salah satu contoh slushie. Ada mesin khusus yang digunakan untuk membuat slushie, seperti mesin yang ada di Seven Eleven itu.

Tapi tanpa mesin itu, kita tetap bisa membuat slushie kok. Di rumah pasti punya blender kan? Ngga usah blender yang merk apaaa yang harganya mahal segimana gitu, blender biasa cukup. Dengan menggunakan blender, kita bisa membuat slushie sendiri. Lagian, kalau kita buat sendiri kan kita bisa pastikan benar bahan-bahan yang kita gunakan untuk membuat slushie memang aman dan baik untuk kesehatan.

Nah, gimana cara membuat slushie? Disini saya akan berbagi resep cara membuat watermelon slushie alias slushie semangka.

Bahan-bahan :
  • cup potongan-potongan semangka beku
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis (pilihan)
Cara membuat :
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai semua semangka hancur.
Penyajian : untuk 1 orang 

Saran :
  • Sebelum memasukkan semangka, basahi pisau blender dengan sedikit air agar ketahanan pisau blender terjaga juga untuk memudahkan memblender potongan-potongan semangka yang beku. 
  • Cari semangka yang sudah matang benar agar kita tidak perlu menambahkan pemanis karena sudah mendapatkan rasa manis alami dari semangka. Kalau pun mendapatkan semangka yang kurang manis, tambahkan 1-2 sendok makan madu atau simple syrup.
  • Untuk mendapat tekstur slush, blender sampai seluruh semangka hancur saja (jangan sampai halus benar seperti membuat jus semangka).
  • Semangka dapat diganti dengan buah lain sesuai selera. Pilihlah buah yang mengandung banyak air agar tekstur slush bisa didapat.

Gampang banget kan?

Di antara sekian banyak buah, semangka adalah buah yang paling sering saya gunakan untuk membuat slushie. Bukan hanya sekedar enak dan mudah didapat tapi juga semangka ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat semangka untuk kesehatan yang diambil dari berbagai sumber :
  1. Semangka mengandung 92% air serta banyak elektrolit sehingga dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi dan heat stroke.
  2. Kandungan air dan serat yang sangat tinggi dapat membantu mencegah konstipasi (susah buang air besar) dan menjaga kesehatan saluran cerna.
  3. Semangka mengandung lycopene lebih banyak dibanding buah dan sayur lainnya. Lycopene menurut beberapa studi dapat melindungi tubuh dari berbagai kanker. Oleh karena itu, semangka disebut sebagai buah anti-kanker.
  4. Lycopene dalam semangka juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.
  5. Semangka mengandung citruline yang dapat memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang baik untuk jantung, sistem sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh.
  6. Semangka mengandung choline yang salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.
  7. Semangka kaya vitamin A yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut.
  8. Semangka kaya vitamin B yang bermanfaat dalam produksi energi tubuh dan menjaga kesehatan sistem saraf.
  9. Semangka kaya vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan berbagai penyakit.
  10. Kandungan vitamin-vitamin yang sangat tinggi juga berperan sebagai anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh.
  11. Semangka kaya potassium yang dapat membantu membuang racun-racun melalui ginjal sekaligus membersihkan ginjal sehingga kesehatan ginjal terjaga.
  12. Potassium bersama magnesium bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Potassium dan magnesium juga dapat mencegah kekakuan dinding pembuluh darah sehingga menurunkan resiko stroke, serangan jantung dan atherosclerosis.
  13. Semangka mengandung arginine yang dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi serta menjaga kesehatan reproduksi.
  14. Semangka baik dikonsumsi oleh pasien diabetes mellitus karena mengandung kalori dan gula alami dengan kadar rendah. Semangka juga baik dikonsumsi oleh pasien asthma dan mereka yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.
  15. Semangka bermanfaat untuk menstabilkan mood.
  16. Biji semangka juga bermanfaat karena mengandung protein dan lemak baik.
Seperti pepatah, sambil menyelam minum air. Sambil ber-slushie ria, kita bisa mendapatkan manfaat-manfaat baik semangka untuk kesehatan. Selamat mencoba and stay healthy ;)

27 comments on "Watermelon Slushie"
  1. Satu lagi manfaat semangka... ramah di kantong :D hehehee
    thanks Dini, jadi pengen ngejus-ngejus nihhh

    ReplyDelete
  2. Nah ini perlu dicoba deh. Tapi lebih suka pake susu coklat kyknya. hehe

    ReplyDelete
  3. owh jadi kaya jus cuma ini gak cair gitu ya,,,

    ReplyDelete
  4. slushie tuh minuman yang suka di jadiin siraman buat anak2 glee sama anak2 cheers di serial glee kan yah??
    simple yah dan kayanya enak, patut di coba ini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga pernah nonton Glee mbak, hehe, selamat mencoba ;)

      Delete
  5. Jadi pengin nyoba praktekin bikin minuman beku watermelon. Apalagi kalo musim panas bawaannya haus melulu. Tengkyu ya mba Dini caem :)

    ReplyDelete
  6. wah gampang banget ya mbak buatnya....aku juga suka banget sama yang dingin2 dan seger2 hehe

    ReplyDelete
  7. Saya suka banget mbak dg semangka...tp kr sy sering menderita tekanan darah rendah jd sy batasi... terimkasih ya resepnya... bikin ngiler...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, bisa diseling dengan buah lain enak juga loh ;)

      Delete
  8. Aku paling suka jus dan smoothies, eh setelah baca artikel ini ajdi tergoda juga bikin slushie nih, kayaknya buah mangga bisa juga, ya. Makasih tipsnya, mak. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  9. Perlu dicoba neh....terima kasih infonya
    Salam kenal dan sukses selalu.
    Liswanti627.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Salam kenal dan sukses selalu juga ;)

      Delete
  10. wah,saya baru tahu slushie,enak,seger gitu hehehe
    salam kenal mak^^

    ReplyDelete
  11. ikutan segerrrrr baca postingan iniiii.. saatnya membekukan buah stroberi niii... trimakasih infonya mba dini.. salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  12. Hmm... apalagi yah yg kena dibuat slushie?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk, lemon, strawberry, melon.. Lebih baik gunakan buah-buah yang kandungan airnya tinggi ;)

      Delete

Auto Post Signature

Auto Post Signature