January 8, 2015

Menjadi Asiyah. Menjadi Istri Yang Sabar.

Mudah sekali bagi seorang istri di zaman sekarang untuk mengeluh ketika suaminya memberikan nafkah semampunya, ketika suaminya tidak membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, ketika suaminya lupa hari ulang tahunnya, ketika suaminya dirasa tidak romantis, ketika suaminya tidak membelikan barang yang diingininya dan lain sebagainya. Tidak jarang keluhan itu diekspresikan dengan cara mencibir, menceritakannya pada khalayak ramai bahkan melawan suami.

Pernahkah kamu membayangkan menjadi Asiyah?


Asiyah binti Muzahim. Wanita yang bersuamikan Fir'aun. 

Fir'aun. Seorang laki-laki yang mengaku dirinya sebagai Tuhan dan memaksa setiap orang, termasuk istrinya sendiri, untuk menyembahnya.

Fir'aun. Seorang pemimpin yang teramat sangat kejam yang tidak ragu membunuh rakyatnya yang tidak tunduk pada perintahnya dan tidak menyembah dirinya.

Fir'aun. Seorang suami yang tega menyiksa istrinya sendiri hingga mati.

Ya. Pernahkah kamu membayangkan menjadi istri Fir'aun?


Asiyah adalah contoh wanita yang begitu sabar menghadapi keburukan sikap seorang suami. Asiyah memilih untuk bersabar. Asiyah memilih untuk terus menguatkan imannya, mendekatkan diri dan berlindung kepada Tuhan yang satu.

"Dan Allah membuat istri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata, 'Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam surga dan selamatkanlah Aku dari Fir'aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.'"
(QS. At-Tahriim:11)

Doa inilah yang dilantunkan Asiyah ketika Asiyah berada di tiang siksa yang dibuat oleh suaminya sendiri. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang, Maha Mendengar dan Maha Pengabul doa. Saat berada di tiang siksa, Allah memperlihatkan rumah yang telah dibangunNya dalam surga untuk Asiyah. Rumah itu begitu indah sampai membuat Asiyah tersenyum bahagia dan tidak peduli lagi dengan siksa yang sedang dihadapinya.

Coba teladani Asiyah.

Asiyah binti Muzahim. Wanita yang karena kesabarannya Allah jadikan sebagai salah satu wanita penghuni surga.

Asiyah binti Muzahim. Wanita yang karena kekuatan imannya Allah muliakan dengan mengabadikan doanya di dalam Al-Qur'an.

Asiyah binti Muzahim. Wanita yang Allah perlihatkan surga untuknya.

Jika kamu melihat keburukan pada suamimu, bersabarlah, kuatkan imanmu, laksanakan shalat dan doakan suamimu. Minta padaNya agar memberi suamimu petunjuk. Minta padaNya agar melembutkan hati, tutur kata juga tingkah laku suamimu. Minta padaNya agar senantiasa menjaga dan melindungimu dari keburukan.

Seperti yang Asiyah lakukan.

10 comments:

  1. subhanallah, kalo baca cerita wanita2 hebat kayak gini jadi malu sama diri sendiri
    makasi yah mba inspirasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga kita terus semangat memperbaiki diri ya ;)

      Delete
  2. Wah aku juga punya novel itu, mbak. Jadi belajar banyak, kebetulan aku baru nikah juga nih tapi masih kuliah...jadi belajar menyeimbangkan mental

    ReplyDelete
  3. sepertinya novel di atas sangat menairk untuk di baca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat. Nanti saya post review novelnya ;)

      Delete
  4. Wah, pengen baca bukunya. Thanks infonya :)

    ReplyDelete