Top Social

Ginger Shot

06 December 2014
Saat musim hujan seperti sekarang ini kalau ngga pintar-pintar jaga kesehatan bisa gampang banget terserang berbagai penyakit, apalagi bagi mereka yang aktifitasnya padat. 'Penyakit musim hujan' yang paling sering menyerang adalah flu. 

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga kita ngga mudah terserang berbagai penyakit, termasuk flu, salah satunya bisa dengan mengkonsumsi Ginger Shot.

Apa itu Ginger Shot?

Ginger Shot adalah minuman yang terbuat dari jahe dan apel. Resep Ginger Shot ini saya dapatkan dari akun instagram [at]healthywayshappydays dan saya sudah buktikan sendiri manfaatnya. So, let's make Ginger Shot!

ginger-shot

Bahan-bahan :
  • 1/2 - 1 inci jahe segar (kurang lebih seukuran 1 ruas ibu jari). Kupas kulitnya.
  • 1/2 - 1 buah apel merah. Kupas kulitnya dan buang bagian tengahnya. Potong-potong apel agar lebih mudah diblender.
  • Air secukupnya (tergantung konsistensi yang diinginkan, kalau ingin lebih encer maka tambahkan lebih banyak air).
  • 1 sendok makan madu (pilihan).
Cara membuat :
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus.
Penyajian : untuk 1 orang

Saran :
  • Gunakan bahan-bahan organik untuk hasil maksimal.
  • Masukkan air terlebih dahulu ke dalam blender untuk menjaga ketahanan pisau blender juga supaya blender tidak cepat rusak. 

Kalau saya terserang flu, biasanya butuh waktu 1 s/d 2 minggu supaya bisa sembuh. Malah bisa sampai sebulan kalau disertai batuk. Beberapa waktu lalu saya terserang flu. Diawali dengan bersin-bersin dan radang tenggorokan. Badan terasa lemaaass bangeeett seperti ngga punya tenaga sama sekali untuk beraktivitas. Bawaannya mau tiduran aja. Langsung saya buat dan minum Ginger Shot ini rutin setiap pagi. Guess what? Flu reda dalam waktu kurang dari 1 minggu! Tentunya dibantu dengan makan makanan bergizi dan istirahat cukup juga.

Baca juga : Watermelon Slushie

Kaget ngga kaget sih dengan hasilnya. Kaget ngga kaget itu apaaa deh, hehe ;p Maksudnya, kaget karena ngga seperti biasanya, tapi di saat bersamaan ngga kaget juga karena memang jahe dan apel masing-masing mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi kalau keduanya disatukan.

Berikut manfaat jahe dan apel yang diambil dari berbagai sumber :

Jahe
Jahe dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan dikenal sebagai anti-virus, anti-inflamasi, anti-nyeri dan ekspektoran alami. Selain itu, jahe mengandung senyawa gingerol yang diyakini sebagai senyawa yang mempunyai efek menyembuhkan. Jahe juga telah terbukti dapat menghangatkan tubuh dan menjadi penghalang prostaglandin (pencetus demam) sehingga dapat membantu meredakan demam, sakit kepala dan kram. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. 

Apel
Apel mengandung quercetin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai anti-virus alami. Selain itu, apel merupakan salah satu sumber anti-oksidan karena mengandung banyak vitamin c.

"An apple a day keeps the doctor away." 
- Benjamin Franklin -

Tidak hanya untuk mencegah atau mengatasi flu saat musim hujan, Ginger Shot ini juga bisa dikonsumsi sehari-hari mengingat banyaknya manfaat yang terkandung di dalam jahe dan apel untuk kesehatan. Selamat mencoba resepnya dan stay healthy ;)

12 comments on "Ginger Shot"
  1. boleh juga iniiii... biasanya cuma dibuat wedang jahe XD

    ReplyDelete
  2. Woww...boleh dicoba nih. Kebetulan saya jarang pake banget kena flu bahkan saat suami dan anak2 flu berat. Resep ini akan sy catet, siapa tau pas stamina drop dan kena serangan flu. Apalagi mbayangin rasanya kayaknya seger2 anget gitu ya. Makasih banyak yg Mb Dini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, rasanya hangat, jadinya enak untuk tenggorokan dan badan. Kalau sedang ngga sakit juga bisa dicoba untuk menangkal penyakit, hehe ^^ Sama-sama mbak, selamat mencoba ;)

      Delete
  3. seger banget ya, aku baru tau kalau bisa jahe ama apple. Kirain jahe doang. Kebetulan sukaa ama jahe, tapi kok ngebayangin agak aneh pake apple hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, cobain dulu mbak. Pilih apelnya yg manis jadi rasanya manis hangat segar gitu ^^ Lebih enak sebenarnya pakai juicer, berhubung ndak punya jadi diblender saja, hahaha ;p

      Delete
  4. Saya malah kebiasaannya di geprek doang, iya juga ya ga kepikiran buat diblender. Hehehe makasih mak dah share :)

    ReplyDelete
  5. Worth to try kayaknya. Rasanya lebih asem atau lebih ke pedesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya lebih ke manis apel tapi hangat di tenggorokan khas jahe gitu Put ;)

      Delete

Auto Post Signature

Auto Post Signature